Kamis, 13 Januari 2011

Syarat Syahadat

Laa ilaa ha illallah. Tiada dzat yang berhak untuk disembah melainkan Alloh. Inilah kunci memasuki surga. Ibarat sebuah kunci, ia punya gerigi. Bila gerigi tak ada, pintu mustahil kan terbuka. Gerigi itulah yang berwujid syarat-syarat Laa ilaa ha illallah. Syarat syahadat ada tujuh :
AL ILMU
Berarti memahami makna secara nafyi(peniadaan) dan itsbat(penetapan). Memahami runag lingkup nafyi, yang mencakup penolakan sluruh yang diibadahi selain Alloh. Dan ruang lingkup istbat yaitu penetapan seluruh bentuk uluhiyyah (peribadatan) hanya keada Alloh Subhanahu wa ta’ala.
AL YAQIN
Mengetahui dan memahami scara sempurna makna-makna syahadat tanpa sedikitpun ragu terhadap makna tersebut. Jadi keimanan tadi tidak mengandung sesuatu yang bertentangan dengannya di dalam hati.
AL IKHLASH
Seperti lafal labanun khalishun (susu murni). Ikhlas bersalah dari kata khalis. Yaitu belum tercemari oleh kekotoran pada keberdihan dan kemurniannya. Ikhlas berarti memurnikan hati dari segala sesuatu yang bertentangan dengan makna syahadat. Lawan dari ikhlas ini adalah kesyirikan.
ASH SHIDQU
Jujur. Segala yang ditampakkan tidak bertentangan dengan apa yang diyakini dan dipahami dalam hati. Yang ditamakkan dengan amal dan lisan senantiasa selaras dengan apa-apa yang ada di dalam batin. Artinya antara lahir dan batin, ilmu dan amal seiring dan sejalan. Maka tidak sekalipun mengamalkan sesuatu yang berlawanan dengan I’tikad dan keyakinannya.
AL MAHABBAH
Mencintai Alloh, Rasul-Nya, dan apa-apa yang disampaikan Rasul dari Alloh dan mencintai mukminin.
AL INQIYAD
Beramal dengan menyerah dan tunduk keada Alloh dan Rasul-Nya. Menjalankan apa yang diperintahkan dan meninggalkan segala yang dilarang dan dibenci-Nya.
AL QABUL
Ketaatan, ketundukan, kepasrahan, dan kepatuhan hati terhadap segala hal yang datang dari Alloh dan Rasul-Nya. Dan ini dibuktikan melalui ketaatan dan ibadah serta meyakini bahwa tidak ada jalan lain yang bisa menunjuki kecuali syariat Islam.
disarikan dari : El-Fata edisi 01/III/2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar